SUMBER DAYA KOMPUTASI DAN KOMUNIKASI


 
Dalam dunia sumber daya Komputasi dan Komuniskasi kita akan mempelajari beberapa hal di bawah ini:
1. Peranti keras
2. Alat – alat komputasi pribadi
3. Peranti lunak
4. Komunikasi
5. Jenis – jenis jaringan
PERANTI KERAS
Fitur yang menjadi perhatian kita dalam peranti keras adalah prosecor, memory, ruang penyimpanan, alat-alat input dan output, serta multimedia
  • Prosesor (yang disebut pula sebagai unit pemroses pusat atau central processing unit – CPU) adalah tempat di mana pemrosesan data dilakukan. 
  •  Memori yang disebut juga ruang penyimpanan primer atau random acces memory (RAM), mengacu pada area penyimpanan yang terdapat pada papan sikuti komputer. Memori adalah barang yang rentan karena isinya akan hilang ketika daya komputer di matikan. Memori di dalam sebuah komputer sangatlah cepat jika dibandingkan dengan mengakses data di sebuah alat penyimpanan, seperti sebuah disk. 
  •  Ruang penyimpanan adalah ruang penyimpanan yang terpasang secara permanen di dalam komputer. 
  •  Alat-alat input dan output, komputer tidak akan banyak berguna tanpa alat-alat input dan output. Data yang diterima dari manusia mengacu pada input yang diisi oleh seseorang yang mengetik pada sebuah keyboard, menekan mouse,menyentuh monitor, berbicara ke microfon, atau interaksi lain yang serupa. Dua alat output yang paling dikenal adalah layar komputer, yang terkadang disebut monitor dan printer. 
  • Multimedia adalah evolusi utama alat input dan output, penggunaan lebih dari satu media pada saat yang sama.

ALAT-ALAT KOMPUTASI PRIBADI
            Komputasi pribadi telah lama dihubung-hubungkan dengan komputer mikro.  Komputer mikro saat muncul pertama kali bukan tergabung dalam suatu jaringan, setiap pengguna komputer mikro  menggunakan sumber daya ini hanya untuk keperluan komputasi pribadinya saja. Kini masing-masing pengguna sebuah komputer mikro dapat berbagai file, printer, dan sumber daya lainnya ketika terhubung oleh satu jaringan.
  • Telepon selular dengan pesan dan video interakti
  • Telepon selular cerdas
  • Jaringan rumah
  • Keamanan komputasi rumah
 
PERANTI LUNAK
            Terdapat dua jenis dasar peranti lunak: peranti lunak sistem dan aplikasi. Peranti lunak sistem dibutuhkan untuk menggunakan komputer, sedangkan peranti lunak aplikasi memproses data pengguna. Peranti lunak aplikasi dapat diperoleh dalam bentuk siap pakai atau dibuat sesuai pesanan untuk pengguna tertentu.
  •       Peranti lunak sistem (system software) menjalankan tugas-tugas mendasar yang dibutuhkan oleh seluruh pengguna dari satu komputer tertentu. 
  •   Peranti lunak aplikasi, ketika komputer pertama dikembangkan, bahasa pemrograman masih belum ada. Programer akan memasukkan serangkaian angka nol dan satu ke dalam memori komputer untuk mengendalikan operasinya.

KOMUNIKASI
            Kecepatan transmisi data antarkomputer yang berlangsung melalui sistem telepon publik sering kali lebih lambat daripada ketika komputer tersambung melalui jaringannya sendiri.
  •    Koneksi publik. Seseorang yang menggunakan sistem telepon tetap dapat memahami komunikasi bahkan ketika saluran tersebut memiliki suara statis atau suara berdengung, sedangkan komputer membutuhkan koneksi yang sangat dapat diandalkan. 
  •     Saluran pribadi adalah suatu sirkuit yang selalu terbuka untuk lalu lintas komunikasi Anda. 
  •   Jaringan pribadi maya adalah jawaban dari pertanyaan diatas. Untuk mengimplementasikan jaringan pribadi maya organisasi perlu mengadakan kontark dengan penyedia layanan internet yang menggunakan peranti lunak tunneling.  
  •             Komunikasi-Jaringan. Interkoneksi sistem terbuka terdiri atas sebuah model tujuh lapisan. Tingkat-tingkat dirinci sehingga fungsi yang tepat dari masing-masing lapisan komunikasi dapat didefinisikan dengan jelas. 
  •       Protokol untuk komunikasi komputer. Komputer awalnya tidak dirancang untuk berbagi data dengan komputer lainnya, dan hanya dengan terminal-terminal. Terminal adalah suatu alat yang tidak memiliki ruang penyimpanan atau prosessor, terminal hanya menyediakan alat memasukkan dan menampilkan data bagi komputer.  
  •              Paket adalah satu bagian dari data total yang akan dikomunikasikan, digabungkan dengan alamat komputer yang dituju, komputer pengirim dan informasi kendali lainnya. 
  •       Alamat jaringan internet. Untuk menjalankan paket-paket melalui jaringan, setiap komputer yang menangani paket data harus memiliki satu alamat yang unik. Alamat IP adalah empat bagian kumpulan angka, yang dipisahkan oleh titik.
JENIS-JENIS JARINGAN
            Meskipun banyak pengguna merasakan sperti hanya terdapat satu jaringan, yaitu internet, terdapat beberapa jenis jaringan yang membangun blo-blok yang bergabung dan memungkinkan terjadinya Internet.
  • Jaringan area lokal adalah sekelompok komputer dan alat-alat lainnya yang terkoneksi oleh satu media yang sama.
  • Internet. Internet telah memberikan dampak yang jauh lebih besar pada komunikasi berbasis komputer daripada perkembangan yang lain, dan ia juga telah memunculkan aplikasi-aplikasi khusus lainnya.

Leave a Reply

Popular Posts

Diberdayakan oleh Blogger.