Menggunakan Teknologi Informasi dalam menjalankan perdangangam elektronik (E-Commerce)

Menggunakan Teknologi Informasi dalam menjalankan perdangangam elektronik (E-Commerce)



Perdagangan elektronik,yang disebut juga dengan e-commerce adalah penggunaan jaringan komunikasi dan teknologi komputer sebagai medianya untuk melaksanakan proses bisnis.Beberapa orang terkadang mendefinisikan perdagangan elektronik dengan sangat sempit.Definisi sempit yang mereka berikan hanya meliputi transaksi-transaksi bisnis yang berhubungan dengan pelanggan dan pemasok,yang menghubungkan komputer mereka masing-masing melalui internet.Definisi yang sempit seperti ini mengartikan bahwa hanya transaksi-transaksi yang melintasi batas perusahaan saja yang dapat dikasiikasikan sebagai e-commerce.Jika suatu transaksi tetap berada di dalam batas perusahaan,orang-orang ini akan menyebutnya sebagai transaksi bisnis elektronik.Membatasi transaksi internal versus eksternal sebagai bisnis elektronik atau perdagangan elektronik tidak akan menawarkan banyak bantuan,karena kebanyakan orang menganggap bisnis elektronik dan perdagangan elektronik sebagai satu hal yang sama.
Kita akan melihat pandangan luas e-comerce,yaitu bahwa e-commerce dapat memfasilitasi operasi internal maupun eksternal perusahaan.Dengan pandangan ini istilah bisnis elektronik dan perdagangan elektronik akan sama.Banyak operasi perusahaan adalah internal—dilaksanakan di dalam batas perusahaan oleh bidang bisnis keuangan,sumber daya manusia,layanan informasi,produksi,pemasaran,dan lain-lain.Bisnis telah mengalami penyebaran secara fisik engan pabrik yang berlokasi diberbagai daerah,ataubahkan di berbagai negara.Bidang bisnis itu sendiri juga bertindak sebagai pemasok atau pelanggan ke bidang-bidang organisas yang lain.dalam definisi luas kita ini,suatu transaksi bisnis yang menggunakan akses jaringan,sistem berbasis komputer,dan antarmuka(interface) sebuah browser Web akan memenuhi persyaratan dapat disebut sebagai perdagangan elektronik (e-commerce)
E-Commerce di Luar Batas Perusahaan
Akan bermanfaat jika kita membedakan dua jenis e-commerce yang terjadi dengan entitas di luar batas perusahaan.E-commerce bisnis-ke konsume (busines-to-consumer—B2C) mengacu pada transaksi-transaksi yang terjadi antara sebuah bisnis dan konsumen akhir produk;e-commrce bisnis-ke-bisnis (business-to-business—B2B) mengacu pada transaksi antarbisnis dimana tidak ada pihak yang menjadi konsumen akhir.Sebagai contoh,dalam rantai distribusi dari produsen ke distributor ke toko eceran e konsumen,sluruh transaksi dari satu entitas ke entitas yang lain  adalah B2B sampai transaksi terjadi antara toko eceran dengan konsumen,yang merupakan transaksi B2C.
Transaksi B2B melibatkan jumlah orang yang relatif sedikit,biasanya mereka yang berada di dalam kelompok layanan informasi dari perusahaan yang tepengaruh.orang-orang yang terlibat dalam transaksi B2B biasanya sangat terlatih dalam penggunaan sistem informasi dan mengenal proses bisnis yang terpengaruh ole transaksi tersebut.Karena transaksi tejadi antarbisnis,jumlah transaksi B2B dapat relatif kecil tetapi dengan nilai yang cukup tinggi.Satu transaksi antara sebuah produsen dn distributor dapat menyangkut ribuan unit produk dan nilai jutaan dolar.
Transaksi B2C membutuhkan perbedaan desain yang mendasar.Konsumen mungkin tidak memiliki keahlian dalam bidang teknologi informasi,sehingga situs web harus memberikan instruksi dan bantuan.Jika konsumen berkomunikasi dengan bisnis melalui koneksi telepon yang lambat,jumlah gambar yang ditampilkan mungkin perli dikurangi.Cara pembayaran perlu dibuat dalam sistem B2C(sistem B2B mendapatkan informasi pembayaran dalam sistem yang terpisah dari sistem perdagangan elektronik).Semua perbedaan ini digabungkan sehingga mensyaratkan situs B2C`memiliki waktu download yang cepat,instruksi untuk navigasi situs,kereta belanja yang dapat di isi dan dikurangi sebelum pebelian aktual dan metode utuk menyimpan profil pengguna (alamat,nomor kartu kredit,dan semacamnya).
Layanan informasi memainkan peran penting dalam mengubah hubungan perusahaan dengan lingkungannya.Di masa lalu,konsumen bukan merupakan perhatian utama dari layanan informasi;namun,konsumen menjadi semakin penting artinya dan akan menjadi fokus utama bagi sebagian besar perusahaan di masa mendatang.Seluruh antarmuka transaksi dari konsumen hingga pemasok hingga pemerintah dan pihak lainnya terkena dampak dari diterimanya e-commerce secara luas.
Manfaat-manfaat yang diharapkan dari E-commerce
            Perusahaan melaksanakan e-commerce untuk dapat mencapai perbaikan organisasi secara keseluruhan.Perbaikan-perbaikan ini diharapkan merupakan hasil dari tiga manfaat utama:
·         Perbaikan layanan pelanggan sebelum,selama,dan setelah penjualan
·         Perbaikan hubungan dengan pemasok dan komunitas keuangan
·         Peningkatan imbal hasil ekonomis atas pemegang saham dan investasi pemilik
Kendala-kendala E-commerce
Dalam menerapkan e-commerce tentu ada kendala-kendala yang biasanya  ditemui,yaitu antara lain:
·         Biaya-biaya yang tinggi
·         Kekhawatiran akan masalah keamanan (akses  data/informasi yang bersifat personal)
·         Peranti lunak yang belum mapan atau belum tersedia
Ruang lingkup E-commerce
       E-commerce bersifat dinamis dan ruang lingkup pengaruhnya dapat berubah dalam waktu hanya beberapa bulan.E-commerce telah mencapai tingkat pertumbuhan tahunan lebih dari 15 persen setiap tahunnya selama beberapa tahun terakhir.Tingkat pertumbuhan ini dapat mengalami perlambatan pada waktu tertentu,tetapi kemungkinan akan terus berlanjut selama beberapa tahun mendatang.
Jalan menuju E-Commerce
       Ketika sebuah perusahaan merasa baha manfaat yang diharapkan lebih bsar daripada biaya dan memutuskan untuk mengiplementasikan e-commerce,perusahaan tesebut menyadari baha implementasi yang akan dilakukan bisa bjadi merupakan suatu pekerjaan yang besar.Rencana bisnis strategis akan membakukan komitmen untuk menggunakan e-commerce guna meraih keunggulan komptitif.Perusahaan pertama-tama harus memperoleh kecerdasan bisnis sehingga perusahaan tersebut akan dapat memahami peranan potensial yang akan dimainkan oleh masing-masing unsur lingkungan.
Inteligensi Bisnis (Business Intelligence)
       Melaksanakan e-commerce bukanlah suatu keputusan yang diambil tanpa pertama-tama meraih pengetahuan terlebih dahulu tentang perusahaan dan hubungannya dengan para pelanggan,pesaing,pemasok,dan pihak-pihhak eksternal lainnya.Inteligensi bisnis (business intelligence—BI) adalah aktivitas pengumpulan informasi meengenai unsur-unsur di dalam lingkungan yang berinteraksi dengan perusahaan.
Basis Data Eksternal
       Perusahaan tidak harus mengumpulkan informasi lingkungannya sendiri.Tersedia sejumlah basis data komersial penting yang memberikan informasi mengenai hampir semua subjek.LEXIS-NEXIS memberikan informasi hukum,keuangan dan pemerintah dari berbagai macam sumber.Untuk sejumlah biaya perusahaan tersebut akan memberikan analisis atas informasi yang diminta.DowJones.com menawarkan berbagai jenis informasi mengenai masalah-masalah keuangan.Perusahaan menggunakan berbagai basis data seperti diatas untuk mendapatkan kecerdasan bisnis karena ia lebih cepat dan lebih murah daripada meneliti beragam jenis suber informasi.
       Perusahaan menjadi semakin condong untuik melakukan pencarian eksternal sendiri untuk kecerdasan pasar.Pencarian eksternal telah dibantu oleh adanya fakta bahwa semakin banhyak perusahaan memberikan informasinya sendiri di Web.Mesin-mesin pencari adalah cara yang paling populer bagi seseorang untuk mendapatkan informasi yang tersedia di Web.
Mesin Pencari
       Suatu mesin pencari (search engine) adalah suatu program komputer khusus yang menanyakan satu kata atau kelompok kata kepada pengguna untuk dicari.Program ini kemudian mencari isi situs-situs Web di Internet untuk melihat apakah kata atau kata-kata tersebut tedapat di situs-situs web tersebut.Sebagai contoh,kita mungkin menggunakan mesin pencari untuk menemukan ketersediaan sebuah kamar hotel.
Strategi E-Commerce dan Sistem Interorganisasional
       Kita telah mengetahui bagaiman perusahaan dapat membuat hubungan elektronik dengan perusahaan lain untuk menciptakan suatu sistem interorganisasional (interorganisasional system—IOS) sehingga semua perusahaan bekerja bersama sebagai semua unit yang terkoordinasi,meraih manfaat yang tidak dapat diraih oleh setiap perusahaan.E-Commerce merupakan suatu hal yang fundameental bagi sistem interorganisasional.Pertukaran sejumlah besar data secara cepat dan aman merupakan hal yang kritis untuk mendukung transaksi-transaksi organisasi yang menggunakan teknologi informasi untuk bersaing.
Manfaat IOS
       Sekutu dagang dapat memasuki suatu kerja sama IOS dengan harapan akan dapat merealisasikan  dua manfaat penting: efisiensi komparati dan kekuatan penawaran.
Efisiensi Komparatif, dengan bergabung dalam IOS,para sekutu dagang dapat memproduksi barang dan jasa dengan tingkat efisiensi yang lebih tinggi dan,selanjutnya,memberikan barang dan jasa dengan biaya yang lebih rendah kepada para pelanggannya.Hal ini memberikan para sekutu di dalam IOS keunggulan harga di atas para pesaingnya
·         Efisiensi Internal terdori atas perbaikan dalam operasi-operasi perusahaan itu sendiri,sehingga memungkinkan perusahaan mengumpilkan dan menganalisis data dengan cepat dan mengambil keputusan dengan car yang lebih cepat lagi.
·         Efisiensi interorganisasional meliputi perbaikan-perbaikan yang diperoleh melalui kerjasama dengan perusahaan-perusahaan lain.Perbaikan ini memungkinkan perusahaan menawarkan lebih banyak produk dan jasa,melayani lebih banyak pelanggan,memindahkan pekerjaan-pekerjaan tertentu kepada pemasok dan pelanggan,dan mengumpulkan data lingkungan dengan lebih mudah.
Kekuatan Penawaran kemampuan sebuah perusahaan untuk menyelesaikan perselisihan dengan para pemasok dan pelanggannya demi keuntungan perusahaan itu sendiri disebut kekuatan penawaran (bargaining power).Kekuatan ini diambil dari tiga area dasar : dengan menawarkan fitur-fitur produk yang unik,dengan mengurangi biaya-biaya yang berhubungan dengan penelitian,serta meningkatkan biaya perpindahan.
Penambahan Persediaan oleh vendor adalah satu jenis IOS khusus dimana pelanggan memberikan cukup kepercayaan bagi pemasok untuk mengizinkannya mengakses sistem persediaan berbasis komputer yang dimilikinya.Pemasok dapat memulai proses penambahan dengan secara elektronik memonitor tingkat persediaan perusahaan.Hal ini mengharuskan perusahaan memberikan akses basis data kepada pemasok.Sebagai perlindungan,perusahaan dapat membuat salinan dari bagian-bagian basis data yang tidak begitu sensitif dan memberikan pemasok akses hanya untuk salinan tersebut saja,bukannya keseluruhan sistem basis data perusahaan.
EDI
      EDI terdiri atas transmisi data langsung komputer-ke-komputer dalam suatu format struktur yang dapat dibaca oleh mesin.meskipun EDI merupakan teknologi yang lebih lama,iatetap penting karena memfasilitasi sebagian besar mayoritas perdagangan B2B.Transmisi memungkinkan data dapat dipindahkan dan diterima tanpa harus mengetik ulang.EDI adalah implementasi dominan dari suatu IOS.Lebih dari dua pertigae-commerce dilaksanakan dengan menggunakan EDI,jika dibandingkan dengan alternatif-alternatif IOS lainnya EDI relatif lebih mahal dan merepotkan daripada sistem komunikasi IOS yang lebih baru,namun walaupun begitu EDI  tetap merupakan metode yang terdepan.
Ekstranet
      Ekstranet (extranets) adalah cara lain dari membuat suatu IOS.Cara ini memungkinkan dibaginya informasi berbasis komputer yang sensitif dengan perusahaan lain dengan menggunakan teknologi informasi yang pada umumnya dihubungkan dengan internet.Perusahaan menggunakan ekstranet melalui kolaborasi dengan pemasok-pemasok dan pelangan-pelanggan besar yang telah dipercaya.Keamanan dan privasi mndapat perhatian yang serius,sehingga ekstranet biasanya diamankan di balik suatu firewall.
      Ekstranet memungkinkan jenis pertukaran data yang sama dengan EDI namun juga menerapkan protokol-protokol umum dan jaringan komunikasi internet sehingga perusahaan tidak perlu mempergunakan peranti lunak dan peranti keras komunikasi yang lebih mahalb terkait dengan EDI.Biaya peralatan untuk mebuat EDI bisa jadi lebih besar daripada yang bersedia dibayarkan oleh perusahaan tersebut.Bagi perusahaan yang menginginkan biaya rendah dan masih memiliki kecepatan internet,ekstranet dapay menjadi solusi yang tepat.Ekstranet menggunakan internet untuk komunikasi dan browser standar Web untuk menavigasi situs dan bertukar data.Metode-metode enkripsi yang menjaga kerahasiaan pesan juga sangatlah aman dan mudah untuk digunakan.
Pengaruh Penerapan
·         Tekanan kompetitif,ketika perusahaan berada di dalam suatu posisi yag buruk terhadap para pesaingnya atau ketika asosiasi indutri atau perdagangan memberikn tekanan yang kuat,perusahaan akan menerapkan IOS,seperti EDI,dengan cara yang reaktif.
·         Penggunaan Kekuasaan,ketika sebuah perusahaan dapat memaksakan kekuasaannya atas anggota yang lain,ia akan proaktif dalam penggunan IOS.
·         Kebutuhan Internal,ketika perusahaan sadar bahwa partisipasi dalam IOS merupakan salah satu cara dalam meningkatkan operasinya,perusahaan tersebut akan melakukan pendekatan atas IOS dengan cara yang proaktif.
·         Dukungan manajemen puncak,Tanpa melihat apakah perusahaan tersebut bertindak dengan  cara yang proaktif maupun reaktif,dukungan manajemen puncak selalu akan memengaruhi keputusan.
Manfaat-manfaat Tidak Langsung IOS
·         Mengurangi kesalahan
·         Menurunkan biaya
·         Meningkatkan efisiensi operasional
·         Meningkatkan kemampuan untuk nersaing
·         Memperbaiki hubungan dengan sekutu dagang
·         Memperbaiki layanan pelanggan
Strategi B2C untuk E-Commerce
            Nilai uang e-commerce B2B membuat nilai uang e-commerce B2C terlihat begitu kecil.Hanya sekitar 6 persen dari nilai e-commerce dihasilkan oleh B2C.Jadi,meengapa memahami strategi bisnis untuk e-commerce B2C menjadi begitu penting? Dua alasan adalah karena semakin banyaknya jumlah produkk dan jasa yang tersedia untuk pengiriman digital dan semakin banyaknya pelanggan yang mampu mengatasi keengganan mereka untuk melakukan pembelian menggunakan Web.Kecepatan komunikasi yang lebih cepat bagi komputer-komputer rumahan juga telah mebuat pengiriman produk-produk digital menjadi lebih praktis.Kekhawatiran akan pencurian informasi,seperti informasi kartu kredit,telah digantikan dengan penerimaan
Produk-produk Digital
            Beberapa produk dan jasa`tertentu dapat dikirimkan kepada pelanggan melalui internet.Dunia hiburan telah menjadi salah satu produk awal yang mengambil manfaat dari internet.Contohnya seperti lagu,album,film dan prodduk-produk serupa dapat dibeli melalui situs-situs web seperti Sony (www.Sony.com). Jasa-jasa juga dapat dikirimkan melalui internet,contohnya seperti Lending Tree  (www.lendingtree.com) memungkinkan para penggunanya mendapatkan hipotek dan melakukan pendanaan kembali rumah mereka melalui internet.Satu perbedaan utama antara pembelian produk-produk digital dengan produk fisik melalui web bahwa produk digital dapat digunakan langsung begitu selesai di-download.Perbedaan lainnya adalah bahwa produk itu akan deengan seendirinya berpindah ke aset pembelinya.
Produk-produk Fisik
            Barang-barang fisik tidak dapat dikonsumsi melalui web:sebagai gantinya harus dikirikan ke pelanggan.Untuk itu adanya perusahaan-perusahaan pengiriman barang/surat seperti FedEx dan UPS telah secara langsung membantu e-commerce eceran.Perusahaan ini memberikan sejumlah metode pengiriman alternati dengan harga yang berbeda-beda.
Penjualan Maya Versus Campuran
            Penjualan Maya (virtual sales) adalah penjualan yang dilakukan oleh sebuah perusahaan yang Tidak mngoperasikan tempat berjualan fisik atau dapat dikatakan sebagai penjualan online.Dengan penjualan maya,tidak ada toko dimana pelanggan dapat masuk membeli produk.Penjualan Campuran (hybrid sales) terjadi ketika perusahaan memiliki tempat berjualan secara fisik dan situs Web dimana pelanggan dapat membeli produk.Kedua strategi penjualan eceran ini perlu menginformasikan biaya dan fitur produk kepada pelanggan,mengatur pembayaran pelanggan,dan menghasilkan pengiriman produk
Pemerintahan Elektronik
Pemerintah juga dapat mengambil manfaat dari e-commerce.Contoh nyata yang dapat kita lihat seperti pada Polk Country di Florida.Kantor pajak polk Country ini menggunakan layanan online untuk melelang sertifikat pajak bumi dan bangunan pada tahun 2005.Dengan penjualan sertifikat secara online.Polk Country dapat melelang sekitar 15.460 sertifikat,dan Ini  memberikan lebih dari $12 juta bagi pendapatan daerah.E-commerce dapat memberikan keuntungan bagi pemerintah sama halnya seperti organisasi publik dan swasta.
Langkah E-Commerce Berikutnya
Tantangan bagi e-commerce lebih dari sekedar jenis barang yang ditawarkan:ia adalah teknologi dibalik perdagangan.Banyak pelanggan merassa lebih nyaman menggunakan telpon seluler daripada menggunakan keyboard komputer.Kalangan pebisnis selalu mencari koneksi nirkabel dimanapun tersedia layanan telpon seluler.
Perdagangan Bergerak
Perdagangan bergerak (mobile commerce atau m-commerce) adalah penggunaan telpon seluler dan asisten digital pribadi (personal digital assistant—PDA) untuk melakukan e-commerce nirkabel.Aplikasi-aplikasi awal m-commerce meliputi layanan berita,transaksi/pengumuman informasi keuangan,dan perbankan,dan pembelian tiket bioskop.
Nirkabel Berkelas Bisnis di Semua Tempat
Sekarang hampir di semua tempat kita dapat menemui jaringan nirkabel/hotspot untuk koneksi internet.Hot spot internet nirkabel cukup memadai untuk penggunaan web untuk umum maupun pribadi.Hotspot biasanya diciptakan dengan menggunakan suatu koneksi kabel(untuk kecepatan komunikasi yang tinngi) dan kemudian dipancarkan melalui sebuah poin akses nirkabel ke suatu wilayah yang kuranglebih berjarak 100 meter dari poin akses tersebut.Komunikasi nirkabel yang kecepatannya cukup memadai melalui penyedia jasa komunikasi yang sama dengan telpon seluler akan memungkinkan terciptanya komputasi nirkabel berkelas bisnis hampir disemua tempat.
Menggunakan Internet
E-commerce tidak akan mungkin terjadi tanpa adanya jaringan yang menghubungkan pelanggan dengan organisasi.Awal mula internet dapat ditarik balik hingga tahun 1969,ketika pemerintah AS mmbuat suatu jaringan yang disebut ARPANET.Usaha-usaha yang diawali ditahun 1989 mengarah pada apa yang kita kenal hari ini sebagai World Wide Web.
World Wide Web
World Wide Web yang disebut pula sebagai Web dan WWW,adalah informasi yang dapat diakses melalui internet dimana dokumen-dokumen hypermedia (file-file komputer) disimpan dan kemuian diambil dengan cara-cara yang menggunakan metode penentuan alamat yang unik.World Wide Web juga bisa dikatakan sebagai kumpulan komputer yang bertindak sebagai server isi/kandungan yang menyipan dokumen-dokumen yang diformat untuk memungkinkan dilihatnya teks,grafik,dan audio sekaligus juga memungkinkan dibuatnya link dengan dokumen-dokumen lain dialam web.
Cyberspace dan Superhighway Informasi
Dua istilah lain yang juga dikaitkan dengan internet dan web—cyberspace dan superhighway (jalan bebas hambatan super) informasi.Istilah cyberspace diperkenalkan oleh William Gibson pada tahun 1984 untuk menggambarkan suatu masyarakat yang telah menjadi budak teknologi.Kini,cyberspace berarti dunia internet dan World Wide Web.Istilah superhighway informasi digunakan dalam konteks yang sama,tetapi tidak ada suatu kesepakatan penuh mengenai dampak akhirnya pada masyarakat.Istilah ini biasanya digunakan untuk menggambarkan suatu kekuatan positif yang memberikan akses atas sejumlah informasi yang terdapat dalam masyarakat modern kita.Pengguna yang menggunakan superhighway informasi memerlukan sebuah komputer sama halnya seperti seorang pengguna jalan bebas hambatan yang membutuhkan sebua kenaraan.Keduanya akan melibatkan biaya pelatihan dan menawarkan sejumlah keuntungan.
Standar Internet
Salah satu alasan utama mengapa Internet dan Web telah diterima dengan tangan terbuka oleh para pengguna komputer diseluruh dunia adalah karena keduanya bekerja sama sebagai suatu sistem tunggal yang dapat digunakan dari platform komputer apapun.Seorang pengguna dengan PC Dell atau workstation Sun dapat mengambil halaman Web yang sama seperti seorang pengguna dengan PowerBook Apple.Agar hal ini mungkin dilakukan,setiap orang yang memberikan kontribusi pada internet dan arsitektur web harus mengikuti aturan-aturan yang sama dan standar yang telah ditentukan.
Aplikasi Bisnis Internet
Secara sederhana,internet dapat digunakam untuk setiap aplikasi bisnis yang melibatkan komunikasi data,termasuk komunikasi di dalam perusahaan maupun dengan lingkungan.Pertumbuhan jumlah situs internet yang fenomenal telah menjadikan internet sebagai sumber informasi yang tidak dapat diabaikan.Semua area perusahaan dapat menggunakan internet,tetapi satu area yang  penting adalah manajemen rantai pasokan.Khususnya,manajemen rantai pasokan untuk penyedia layanan kesehatan mendapat perhatian khusus karena cepatnya kenaikan biaya untuk jasa-jasa medis.Aplikasi ritel juga penting dan menjadi satu tandingan yang baik bagi contoh B2B pada manajemen rantai pasokan.
Saran-saran Keberhasilan Penggunaan Internet
  • Pastikan situs Web anda kuat
  • Pastikan browser  dan struktur basis data anda fleksibel maupun intuitif
  • Menekankan isi
  • Sering diperbarui
  • Melihat di luar pelanggan
  • Tunjukkan isi pada kebutuhan spesifik pengguna
  • Menjadikan internet intuitif
  • Berada di lokasi web yang tepat
  • Ciptakan rasa kebersamaan dengan pengguna  
  • Carilah bantuan jika anda membutuhkannya

Leave a Reply

Popular Posts

Diberdayakan oleh Blogger.