Menggunakan Teknologi Informasi dalam menjalankan perdangangam elektronik (E-Commerce)
Perdagangan elektronik,yang disebut
juga dengan e-commerce adalah penggunaan jaringan komunikasi dan teknologi
komputer sebagai medianya untuk melaksanakan proses bisnis.Beberapa orang
terkadang mendefinisikan perdagangan elektronik dengan sangat sempit.Definisi
sempit yang mereka berikan hanya meliputi transaksi-transaksi bisnis yang
berhubungan dengan pelanggan dan pemasok,yang menghubungkan komputer mereka
masing-masing melalui internet.Definisi yang sempit seperti ini mengartikan
bahwa hanya transaksi-transaksi yang melintasi batas perusahaan saja yang dapat
dikasiikasikan sebagai e-commerce.Jika suatu transaksi tetap berada di dalam
batas perusahaan,orang-orang ini akan menyebutnya sebagai transaksi bisnis elektronik.Membatasi transaksi internal versus
eksternal sebagai bisnis elektronik atau perdagangan elektronik tidak akan
menawarkan banyak bantuan,karena kebanyakan orang menganggap bisnis elektronik
dan perdagangan elektronik sebagai satu hal yang sama.
Kita akan melihat pandangan luas
e-comerce,yaitu bahwa e-commerce dapat memfasilitasi operasi internal maupun
eksternal perusahaan.Dengan pandangan ini istilah bisnis elektronik dan perdagangan
elektronik akan sama.Banyak operasi perusahaan adalah internal—dilaksanakan
di dalam batas perusahaan oleh bidang bisnis keuangan,sumber daya
manusia,layanan informasi,produksi,pemasaran,dan lain-lain.Bisnis telah
mengalami penyebaran secara fisik engan pabrik yang berlokasi diberbagai
daerah,ataubahkan di berbagai negara.Bidang bisnis itu sendiri juga bertindak
sebagai pemasok atau pelanggan ke bidang-bidang organisas yang lain.dalam
definisi luas kita ini,suatu transaksi bisnis yang menggunakan akses
jaringan,sistem berbasis komputer,dan antarmuka(interface) sebuah browser
Web akan memenuhi persyaratan dapat disebut sebagai perdagangan elektronik (e-commerce)
E-Commerce di
Luar Batas Perusahaan
Akan bermanfaat jika kita membedakan
dua jenis e-commerce yang terjadi dengan entitas di luar batas
perusahaan.E-commerce bisnis-ke konsume (busines-to-consumer—B2C) mengacu pada
transaksi-transaksi yang terjadi antara sebuah bisnis dan konsumen akhir
produk;e-commrce bisnis-ke-bisnis (business-to-business—B2B) mengacu pada
transaksi antarbisnis dimana tidak ada pihak yang menjadi konsumen
akhir.Sebagai contoh,dalam rantai distribusi dari produsen ke distributor ke
toko eceran e konsumen,sluruh transaksi dari satu entitas ke entitas yang
lain adalah B2B sampai transaksi terjadi
antara toko eceran dengan konsumen,yang merupakan transaksi B2C.
Transaksi B2B melibatkan jumlah orang
yang relatif sedikit,biasanya mereka yang berada di dalam kelompok layanan
informasi dari perusahaan yang tepengaruh.orang-orang yang terlibat dalam
transaksi B2B biasanya sangat terlatih dalam penggunaan sistem informasi dan
mengenal proses bisnis yang terpengaruh ole transaksi tersebut.Karena transaksi
tejadi antarbisnis,jumlah transaksi B2B dapat relatif kecil tetapi dengan nilai
yang cukup tinggi.Satu transaksi antara sebuah produsen dn distributor dapat
menyangkut ribuan unit produk dan nilai jutaan dolar.
Transaksi B2C membutuhkan perbedaan
desain yang mendasar.Konsumen mungkin tidak memiliki keahlian dalam bidang
teknologi informasi,sehingga situs web harus memberikan instruksi dan
bantuan.Jika konsumen berkomunikasi dengan bisnis melalui koneksi telepon yang
lambat,jumlah gambar yang ditampilkan mungkin perli dikurangi.Cara pembayaran
perlu dibuat dalam sistem B2C(sistem B2B mendapatkan informasi pembayaran dalam
sistem yang terpisah dari sistem perdagangan elektronik).Semua perbedaan ini
digabungkan sehingga mensyaratkan situs B2C`memiliki waktu download yang
cepat,instruksi untuk navigasi situs,kereta belanja yang dapat di isi dan
dikurangi sebelum pebelian aktual dan metode utuk menyimpan profil pengguna (alamat,nomor
kartu kredit,dan semacamnya).
Layanan informasi memainkan peran
penting dalam mengubah hubungan perusahaan dengan lingkungannya.Di masa
lalu,konsumen bukan merupakan perhatian utama dari layanan informasi;namun,konsumen
menjadi semakin penting artinya dan akan menjadi fokus utama bagi sebagian
besar perusahaan di masa mendatang.Seluruh antarmuka transaksi dari konsumen
hingga pemasok hingga pemerintah dan pihak lainnya terkena dampak dari diterimanya
e-commerce secara luas.
Manfaat-manfaat
yang diharapkan dari E-commerce
Perusahaan
melaksanakan e-commerce untuk dapat mencapai perbaikan organisasi secara
keseluruhan.Perbaikan-perbaikan ini diharapkan merupakan hasil dari tiga
manfaat utama:
·
Perbaikan layanan pelanggan sebelum,selama,dan setelah
penjualan
·
Perbaikan hubungan dengan pemasok dan komunitas keuangan
·
Peningkatan imbal hasil ekonomis atas pemegang saham dan
investasi pemilik
Kendala-kendala
E-commerce
Dalam menerapkan e-commerce tentu ada kendala-kendala
yang biasanya ditemui,yaitu antara lain:
·
Biaya-biaya yang tinggi
·
Kekhawatiran akan masalah keamanan (akses data/informasi yang bersifat personal)
·
Peranti lunak yang belum mapan atau belum tersedia
Ruang lingkup
E-commerce
E-commerce
bersifat dinamis dan ruang lingkup pengaruhnya dapat berubah dalam waktu hanya
beberapa bulan.E-commerce telah mencapai tingkat pertumbuhan tahunan lebih dari
15 persen setiap tahunnya selama beberapa tahun terakhir.Tingkat pertumbuhan
ini dapat mengalami perlambatan pada waktu tertentu,tetapi kemungkinan akan
terus berlanjut selama beberapa tahun mendatang.
Jalan menuju E-Commerce
Ketika
sebuah perusahaan merasa baha manfaat yang diharapkan lebih bsar daripada biaya
dan memutuskan untuk mengiplementasikan e-commerce,perusahaan tesebut menyadari
baha implementasi yang akan dilakukan bisa bjadi merupakan suatu pekerjaan yang
besar.Rencana bisnis strategis akan membakukan komitmen untuk menggunakan
e-commerce guna meraih keunggulan komptitif.Perusahaan pertama-tama harus
memperoleh kecerdasan bisnis sehingga perusahaan tersebut akan dapat memahami
peranan potensial yang akan dimainkan oleh masing-masing unsur lingkungan.
Inteligensi Bisnis (Business Intelligence)
Melaksanakan
e-commerce bukanlah suatu keputusan yang diambil tanpa pertama-tama meraih
pengetahuan terlebih dahulu tentang perusahaan dan hubungannya dengan para
pelanggan,pesaing,pemasok,dan pihak-pihhak eksternal lainnya.Inteligensi bisnis (business
intelligence—BI) adalah aktivitas pengumpulan informasi meengenai
unsur-unsur di dalam lingkungan yang berinteraksi dengan perusahaan.
Basis Data Eksternal
Perusahaan
tidak harus mengumpulkan informasi lingkungannya sendiri.Tersedia sejumlah
basis data komersial penting yang memberikan informasi mengenai hampir semua
subjek.LEXIS-NEXIS memberikan informasi hukum,keuangan dan pemerintah dari
berbagai macam sumber.Untuk sejumlah biaya perusahaan tersebut akan memberikan
analisis atas informasi yang diminta.DowJones.com menawarkan berbagai jenis informasi
mengenai masalah-masalah keuangan.Perusahaan menggunakan berbagai basis data
seperti diatas untuk mendapatkan kecerdasan bisnis karena ia lebih cepat dan
lebih murah daripada meneliti beragam jenis suber informasi.
Perusahaan
menjadi semakin condong untuik melakukan pencarian eksternal sendiri untuk
kecerdasan pasar.Pencarian eksternal telah dibantu oleh adanya fakta bahwa
semakin banhyak perusahaan memberikan informasinya sendiri di Web.Mesin-mesin
pencari adalah cara yang paling populer bagi seseorang untuk mendapatkan
informasi yang tersedia di Web.
Mesin Pencari
Suatu
mesin pencari (search engine) adalah suatu program komputer khusus yang
menanyakan satu kata atau kelompok kata kepada pengguna untuk dicari.Program
ini kemudian mencari isi situs-situs Web di Internet untuk melihat apakah kata
atau kata-kata tersebut tedapat di situs-situs web tersebut.Sebagai contoh,kita
mungkin menggunakan mesin pencari untuk menemukan ketersediaan sebuah kamar
hotel.
Strategi E-Commerce dan Sistem Interorganisasional
Kita
telah mengetahui bagaiman perusahaan dapat membuat hubungan elektronik dengan
perusahaan lain untuk menciptakan suatu sistem interorganisasional
(interorganisasional system—IOS) sehingga semua perusahaan bekerja bersama
sebagai semua unit yang terkoordinasi,meraih manfaat yang tidak dapat diraih
oleh setiap perusahaan.E-Commerce merupakan suatu hal yang fundameental bagi
sistem interorganisasional.Pertukaran sejumlah besar data secara cepat dan aman
merupakan hal yang kritis untuk mendukung transaksi-transaksi organisasi yang
menggunakan teknologi informasi untuk bersaing.
Manfaat IOS
Sekutu
dagang dapat memasuki suatu kerja sama IOS dengan harapan akan dapat
merealisasikan dua manfaat penting:
efisiensi komparati dan kekuatan penawaran.
Efisiensi Komparatif, dengan bergabung dalam IOS,para
sekutu dagang dapat memproduksi barang dan jasa dengan tingkat efisiensi yang
lebih tinggi dan,selanjutnya,memberikan barang dan jasa dengan biaya yang lebih
rendah kepada para pelanggannya.Hal ini memberikan para sekutu di dalam IOS
keunggulan harga di atas para pesaingnya
·
Efisiensi Internal terdori atas perbaikan dalam
operasi-operasi perusahaan itu sendiri,sehingga memungkinkan perusahaan
mengumpilkan dan menganalisis data dengan cepat dan mengambil keputusan dengan
car yang lebih cepat lagi.
·
Efisiensi interorganisasional meliputi perbaikan-perbaikan
yang diperoleh melalui kerjasama dengan perusahaan-perusahaan lain.Perbaikan
ini memungkinkan perusahaan menawarkan lebih banyak produk dan jasa,melayani lebih
banyak pelanggan,memindahkan pekerjaan-pekerjaan tertentu kepada pemasok dan
pelanggan,dan mengumpulkan data lingkungan dengan lebih mudah.
Kekuatan Penawaran kemampuan sebuah perusahaan untuk
menyelesaikan perselisihan dengan para pemasok dan pelanggannya demi keuntungan
perusahaan itu sendiri disebut kekuatan
penawaran (bargaining power).Kekuatan ini diambil dari tiga area dasar :
dengan menawarkan fitur-fitur produk yang unik,dengan mengurangi biaya-biaya
yang berhubungan dengan penelitian,serta meningkatkan biaya perpindahan.
Penambahan Persediaan oleh vendor adalah satu jenis IOS khusus
dimana pelanggan memberikan cukup kepercayaan bagi pemasok untuk mengizinkannya
mengakses sistem persediaan berbasis komputer yang dimilikinya.Pemasok dapat
memulai proses penambahan dengan secara elektronik memonitor tingkat persediaan
perusahaan.Hal ini mengharuskan perusahaan memberikan akses basis data kepada
pemasok.Sebagai perlindungan,perusahaan dapat membuat salinan dari
bagian-bagian basis data yang tidak begitu sensitif dan memberikan pemasok
akses hanya untuk salinan tersebut saja,bukannya keseluruhan sistem basis data
perusahaan.
EDI
EDI terdiri atas transmisi data langsung komputer-ke-komputer
dalam suatu format struktur yang dapat dibaca oleh mesin.meskipun EDI merupakan
teknologi yang lebih lama,iatetap penting karena memfasilitasi sebagian besar
mayoritas perdagangan B2B.Transmisi memungkinkan data dapat dipindahkan dan
diterima tanpa harus mengetik ulang.EDI adalah implementasi dominan dari suatu
IOS.Lebih dari dua pertigae-commerce dilaksanakan dengan menggunakan EDI,jika
dibandingkan dengan alternatif-alternatif IOS lainnya EDI relatif lebih mahal
dan merepotkan daripada sistem komunikasi IOS yang lebih baru,namun walaupun
begitu EDI tetap merupakan metode yang
terdepan.
Ekstranet
Ekstranet (extranets) adalah cara lain dari membuat suatu
IOS.Cara ini memungkinkan dibaginya informasi berbasis komputer yang sensitif
dengan perusahaan lain dengan menggunakan teknologi informasi yang pada umumnya
dihubungkan dengan internet.Perusahaan menggunakan ekstranet melalui kolaborasi
dengan pemasok-pemasok dan pelangan-pelanggan besar yang telah
dipercaya.Keamanan dan privasi mndapat perhatian yang serius,sehingga ekstranet
biasanya diamankan di balik suatu firewall.
Ekstranet memungkinkan jenis pertukaran data yang sama dengan
EDI namun juga menerapkan protokol-protokol umum dan jaringan komunikasi
internet sehingga perusahaan tidak perlu mempergunakan peranti lunak dan
peranti keras komunikasi yang lebih mahalb terkait dengan EDI.Biaya peralatan
untuk mebuat EDI bisa jadi lebih besar daripada yang bersedia dibayarkan oleh
perusahaan tersebut.Bagi perusahaan yang menginginkan biaya rendah dan masih
memiliki kecepatan internet,ekstranet dapay menjadi solusi yang tepat.Ekstranet
menggunakan internet untuk komunikasi dan browser standar Web untuk menavigasi
situs dan bertukar data.Metode-metode enkripsi yang menjaga kerahasiaan pesan
juga sangatlah aman dan mudah untuk digunakan.
Pengaruh
Penerapan
·
Tekanan kompetitif,ketika perusahaan berada di dalam suatu
posisi yag buruk terhadap para pesaingnya atau ketika asosiasi indutri atau
perdagangan memberikn tekanan yang kuat,perusahaan akan menerapkan IOS,seperti
EDI,dengan cara yang reaktif.
·
Penggunaan Kekuasaan,ketika sebuah perusahaan dapat
memaksakan kekuasaannya atas anggota yang lain,ia akan proaktif dalam penggunan
IOS.
·
Kebutuhan Internal,ketika perusahaan sadar bahwa partisipasi
dalam IOS merupakan salah satu cara dalam meningkatkan operasinya,perusahaan
tersebut akan melakukan pendekatan atas IOS dengan cara yang proaktif.
·
Dukungan manajemen puncak,Tanpa melihat apakah perusahaan
tersebut bertindak dengan cara yang
proaktif maupun reaktif,dukungan manajemen puncak selalu akan memengaruhi
keputusan.
Manfaat-manfaat
Tidak Langsung IOS
·
Mengurangi kesalahan
·
Menurunkan biaya
·
Meningkatkan efisiensi operasional
·
Meningkatkan kemampuan untuk nersaing
·
Memperbaiki hubungan dengan sekutu dagang
·
Memperbaiki layanan pelanggan
Strategi B2C
untuk E-Commerce
Nilai
uang e-commerce B2B membuat nilai uang e-commerce B2C terlihat begitu
kecil.Hanya sekitar 6 persen dari nilai e-commerce dihasilkan oleh
B2C.Jadi,meengapa memahami strategi bisnis untuk e-commerce B2C menjadi begitu
penting? Dua alasan adalah karena semakin banyaknya jumlah produkk dan jasa
yang tersedia untuk pengiriman digital dan semakin banyaknya pelanggan yang
mampu mengatasi keengganan mereka untuk melakukan pembelian menggunakan
Web.Kecepatan komunikasi yang lebih cepat bagi komputer-komputer rumahan juga
telah mebuat pengiriman produk-produk digital menjadi lebih
praktis.Kekhawatiran akan pencurian informasi,seperti informasi kartu
kredit,telah digantikan dengan penerimaan
Produk-produk
Digital
Beberapa produk dan jasa`tertentu
dapat dikirimkan kepada pelanggan melalui internet.Dunia hiburan telah menjadi
salah satu produk awal yang mengambil manfaat dari internet.Contohnya seperti
lagu,album,film dan prodduk-produk serupa dapat dibeli melalui situs-situs web
seperti Sony (www.Sony.com). Jasa-jasa juga dapat
dikirimkan melalui internet,contohnya seperti Lending Tree (www.lendingtree.com) memungkinkan para penggunanya mendapatkan hipotek dan
melakukan pendanaan kembali rumah mereka melalui internet.Satu perbedaan utama
antara pembelian produk-produk digital dengan produk fisik melalui web bahwa
produk digital dapat digunakan langsung begitu selesai di-download.Perbedaan
lainnya adalah bahwa produk itu akan deengan seendirinya berpindah ke aset
pembelinya.
Produk-produk
Fisik
Barang-barang fisik tidak dapat
dikonsumsi melalui web:sebagai gantinya harus dikirikan ke pelanggan.Untuk itu
adanya perusahaan-perusahaan pengiriman barang/surat seperti FedEx dan UPS
telah secara langsung membantu e-commerce eceran.Perusahaan ini memberikan
sejumlah metode pengiriman alternati dengan harga yang berbeda-beda.
Penjualan Maya
Versus Campuran
Penjualan Maya (virtual sales) adalah
penjualan yang dilakukan oleh sebuah perusahaan yang Tidak mngoperasikan tempat
berjualan fisik atau dapat dikatakan sebagai penjualan online.Dengan penjualan
maya,tidak ada toko dimana pelanggan dapat masuk membeli produk.Penjualan Campuran (hybrid sales)
terjadi ketika perusahaan memiliki tempat berjualan secara fisik dan situs Web
dimana pelanggan dapat membeli produk.Kedua strategi penjualan eceran ini perlu
menginformasikan biaya dan fitur produk kepada pelanggan,mengatur pembayaran
pelanggan,dan menghasilkan pengiriman produk
Pemerintahan
Elektronik
Pemerintah juga dapat mengambil
manfaat dari e-commerce.Contoh nyata yang dapat kita lihat seperti pada Polk
Country di Florida.Kantor pajak polk Country ini menggunakan layanan online
untuk melelang sertifikat pajak bumi dan bangunan pada tahun 2005.Dengan
penjualan sertifikat secara online.Polk Country dapat melelang sekitar 15.460
sertifikat,dan Ini memberikan lebih dari
$12 juta bagi pendapatan daerah.E-commerce dapat memberikan keuntungan bagi
pemerintah sama halnya seperti organisasi publik dan swasta.
Langkah E-Commerce
Berikutnya
Tantangan bagi e-commerce lebih dari
sekedar jenis barang yang ditawarkan:ia adalah teknologi dibalik
perdagangan.Banyak pelanggan merassa lebih nyaman menggunakan telpon seluler
daripada menggunakan keyboard
komputer.Kalangan pebisnis selalu mencari koneksi nirkabel dimanapun tersedia
layanan telpon seluler.
Perdagangan
Bergerak
Perdagangan bergerak (mobile commerce
atau m-commerce) adalah penggunaan telpon seluler dan asisten digital pribadi
(personal digital assistant—PDA) untuk melakukan e-commerce
nirkabel.Aplikasi-aplikasi awal m-commerce meliputi layanan
berita,transaksi/pengumuman informasi keuangan,dan perbankan,dan pembelian
tiket bioskop.
Nirkabel
Berkelas Bisnis di Semua Tempat
Sekarang hampir di semua tempat kita
dapat menemui jaringan nirkabel/hotspot untuk koneksi internet.Hot spot
internet nirkabel cukup memadai untuk penggunaan web untuk umum maupun
pribadi.Hotspot biasanya diciptakan dengan menggunakan suatu koneksi
kabel(untuk kecepatan komunikasi yang tinngi) dan kemudian dipancarkan melalui
sebuah poin akses nirkabel ke suatu wilayah yang kuranglebih berjarak 100 meter
dari poin akses tersebut.Komunikasi nirkabel yang kecepatannya cukup memadai
melalui penyedia jasa komunikasi yang sama dengan telpon seluler akan memungkinkan
terciptanya komputasi nirkabel berkelas
bisnis hampir disemua tempat.
Menggunakan
Internet
E-commerce tidak akan mungkin terjadi
tanpa adanya jaringan yang menghubungkan pelanggan dengan organisasi.Awal mula
internet dapat ditarik balik hingga tahun 1969,ketika pemerintah AS mmbuat
suatu jaringan yang disebut ARPANET.Usaha-usaha yang diawali ditahun 1989
mengarah pada apa yang kita kenal hari ini sebagai World Wide Web.
World Wide Web
World Wide Web yang disebut pula
sebagai Web dan WWW,adalah informasi yang dapat diakses melalui internet dimana
dokumen-dokumen hypermedia (file-file
komputer) disimpan dan kemuian diambil dengan cara-cara yang menggunakan metode
penentuan alamat yang unik.World Wide Web juga bisa dikatakan sebagai kumpulan
komputer yang bertindak sebagai server
isi/kandungan yang menyipan dokumen-dokumen yang diformat untuk memungkinkan
dilihatnya teks,grafik,dan audio sekaligus juga memungkinkan dibuatnya link dengan dokumen-dokumen lain dialam
web.
Cyberspace dan
Superhighway Informasi
Dua istilah lain yang juga dikaitkan
dengan internet dan web—cyberspace dan
superhighway (jalan bebas hambatan
super) informasi.Istilah cyberspace diperkenalkan oleh
William Gibson pada tahun 1984 untuk menggambarkan suatu masyarakat yang telah
menjadi budak teknologi.Kini,cyberspace berarti
dunia internet dan World Wide Web.Istilah superhighway informasi digunakan
dalam konteks yang sama,tetapi tidak ada suatu kesepakatan penuh mengenai
dampak akhirnya pada masyarakat.Istilah ini biasanya digunakan untuk
menggambarkan suatu kekuatan positif yang memberikan akses atas sejumlah
informasi yang terdapat dalam masyarakat modern kita.Pengguna yang menggunakan superhighway informasi memerlukan sebuah
komputer sama halnya seperti seorang pengguna jalan bebas hambatan yang
membutuhkan sebua kenaraan.Keduanya akan melibatkan biaya pelatihan dan
menawarkan sejumlah keuntungan.
Standar
Internet
Salah satu alasan utama mengapa
Internet dan Web telah diterima dengan tangan terbuka oleh para pengguna
komputer diseluruh dunia adalah karena keduanya bekerja sama sebagai suatu
sistem tunggal yang dapat digunakan dari platform komputer apapun.Seorang
pengguna dengan PC Dell atau workstation Sun
dapat mengambil halaman Web yang sama seperti seorang pengguna dengan PowerBook
Apple.Agar hal ini mungkin dilakukan,setiap orang yang memberikan kontribusi
pada internet dan arsitektur web harus mengikuti aturan-aturan yang sama dan
standar yang telah ditentukan.
Aplikasi Bisnis
Internet
Secara sederhana,internet dapat
digunakam untuk setiap aplikasi bisnis yang melibatkan komunikasi data,termasuk
komunikasi di dalam perusahaan maupun dengan lingkungan.Pertumbuhan jumlah
situs internet yang fenomenal telah menjadikan internet sebagai sumber
informasi yang tidak dapat diabaikan.Semua area perusahaan dapat menggunakan
internet,tetapi satu area yang penting
adalah manajemen rantai pasokan.Khususnya,manajemen rantai pasokan untuk
penyedia layanan kesehatan mendapat perhatian khusus karena cepatnya kenaikan
biaya untuk jasa-jasa medis.Aplikasi ritel juga penting dan menjadi satu
tandingan yang baik bagi contoh B2B pada manajemen rantai pasokan.
Saran-saran
Keberhasilan Penggunaan Internet
- Pastikan situs Web anda kuat
- Pastikan browser dan struktur basis data anda fleksibel maupun intuitif
- Menekankan isi
- Sering diperbarui
- Melihat di luar pelanggan
- Tunjukkan isi pada kebutuhan spesifik pengguna
- Menjadikan internet intuitif
- Berada di lokasi web yang tepat
- Ciptakan rasa kebersamaan dengan pengguna
- Carilah bantuan jika anda membutuhkannya